Pasuruan, Ankasapost.Id, Dalam audensi Dewan pimpinan pusat (DPP) Lembaga perlindungan konsumen (LPK) BARATA menanggapi serius aduan masyarakat tentang seringnya PLN kota pasuruan melakukan pemadaman mendadak dengan mendatangi kantor unit PLN wilayah pasuruan di jalan panglima sudirman.rabu 08/01/2025 pukul 10.00 wib.
Dimana kedatangan kita hari ini adalah atas aduan masyarakat yang mengeluhkan seringnya listrik padam dan turunnya daya listrik pada kami dan tidak ada badai atau hujan lebat, tapi listrik bisa mati lama seperti ini. Apakah sistemnya yang bermasalah atau ada kesalahan manusia (human error) ungkap irfan.
Ditambahkan oleh Irfan juga menyoroti potensi bahaya yang dapat timbul akibat pemadaman listrik mendadak, seperti risiko korsleting yang bisa memicu kebakaran.
“Setahu saya, hampir semua pelanggan PLN di pasuruan sudah menggunakan listrik prabayar dan jarang ada yang menunggak. Karena itu, kami meminta penjelasan secara langsung pada PLN dikota pasuruan,” pintanya.
Menanggapi keluhan tersebut, pihak UP3 PLN pasuruan,Jainuddin menyampaikan bahwa pemadaman terjadi akibat kendala pada mesin pembangkit, hal ini karena ada kegiatan PLN pada pembenahan beberapa jaringan yang memang membutuhkan pemadaman.
“Pelayanan PLN sebagai layanan publik selalu kita tingkatkan, seperti halnya kita merekonvigurasi jaringan. ” Banyak jalur mencakup banyak wilayah. Ungkapnya.
Pada penyampaianya didepan audiens LPK-BARATA dikantor PLN Unit Pasuruan,Jainuddin menyampaikan pemadaman kadang terjadi karena ada pembangunan jaringan tambahan atau baru.
“Seperti permintaan Rumah sakit, yang awalnya hanya 1 jaringan saja, namun karena ada penambahan alat alat medis yang membutuhkan tambahan daya, maka otomatis ditambah hingga ada 2 jalur. ” Nah dengan penambahan inilah kita bangunkan jaringan baru lagi, dimana pada pembangunanya dibutuhkan pemadaman, sehingga listrik kita padamkan sementara sesuai waktu waktu yang sudah kita umumkan terlebih dahulu penadamanya. (Tim)