Kepada Masyarakat, Kepala Kesatuan Pengamanan Rutan Pastikan Seluruh Layanan TANPA BIAYA

  • Whatsapp

Pasuruan // Ankasapost.Id – Rumah Tahanan (Rutan) Kelas IIB Bangil pastikan seluruh layanan yang ada tidak dipungut biaya. Hal ini ditegaskan langsung oleh Kepala Kesatuan Pengamanan Rutan (KPR), Nugroho Adjie Wibowo, kala menyapa pengunjung Warga Binaan, Kamis (18/9).

 

Bacaan Lainnya

Kata Nugroho, masyarakat tidak perlu khawatir akan isu-isu yang tidak benar mengenai Rutan, khususnya di Bangil. Ia memastikan seluruh proses berjalan sebagaimana mestinya sesuai ketentuan yang berlaku.

 

“Setiap masyarakat yang berkunjung, kami pastikan sama sekali tidak ada biaya. Layanan yang kami berikan dan segala fasilitasnya semuanya gratis, tidak ada pungutan sama sekali. Di dalam ada playland, ruang laktasi, dan lain-lain. Semuanya gratis,” tegas Nugroho.

 

Lebih lanjut, Nugroho menerangkan hal itu berlaku pula bagi Warga Binaan. Segala layanan Integrasi, seperti Pembebasan Bersyarat, Cuti Bersyarat, dan Cuti Menjelang Bebas, pembinaan kemandirian dan kepribadian, serta sandang, pangan, dan papan yang diterima oleh Warga Binaan tidak dipungut biaya. Warga Binaan juga memiliki kesempatan sama untuk memperbaiki diri dan kembali ke masyarakat sebagai pribadi yang lebih baik, tanpa ada embel-embel apapun.

 

“Dengan adanya layanan-layanan gratis tersebut, diharapkan Warga Binaan memanfaatkan waktu mereka di Rutan untuk mempersiapkan diri menghadapi masa depan yang lebih baik. Bapak/ibu di luar juga merasa tenang keluarganya di Rutan Bangil diberikan hak memadai sesuai ketentuan yang berlaku,” lanjut Nugroho.

 

Sebagai bentuk keterbukaan informasi dan transparansi, pria yang belum genap dua bulan memimpin Rutan Bangil ini juga menjelaskan terkait layanan informasi dan pengaduan yang tersedia di Ruang Layanan Rutan Satu Pintu. Di sana, masyarakat dapat menanyakan hal apapun sesuai ketentuan terkait keluarganya.

 

“Jika Bapak/ibu tidak puas atau merasa ada pungutan liar dan lain-lain, bisa langsung laporkan ke kanal-kanal yang telah disediakan. Itulah bentuk komitmen keterbukaan informasi dan tranparansi yang kami berikan kepada bapak/ibu pengguna layanan agar merasakan kenyamanan dalam berkunjung,” tegas Nugroho.

 

Salah satu pengunjung berinisial AN menyampaikan rasa syukurnya atas pelayanan yang diberikan Rutan Bangil. Apalagi, ia baru pertama kali masuk ke Rutan Bangil.

 

“Awalnya saya agak khawatir ketika tahu anak saya masuk Rutan, ini pasti ada biayanya, uang inilah, uang itulah. Tapi saat saya tanyakan ke anak saya, Alhamdulillah tidak ada. Saya jadi lega. Apalagi anak saya ini baru sekali ini masuk, sama seperti saya. Jadi kepikiran terus waktu di rumah. Terima kasih, pak, atas informasinya,” kata AN. (Red)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *