Kediri,AnkasaPost.Id-Suasana pelayanan di Kantor Bersama (KB) Samsat Kediri Kota tampak berbeda. Beberapa wajib
pajak kendaraan bermotor disambut dengan sapaan ramah petugas Satlantas Polres Kediri Kota
. Sembari membantu proses administrasi, petugas juga memastikan setiap masyarakat
mendapatkan pelayanan cepat, profesional dan transparan.
Inilah wujud nyata program unggulan “Polantas Menyapa”, yang saat ini dijalankan oleh Unit
Registrasi dan Identifikasi (Regident) Satlantas Polres Kediri Kota. Melalui program tersebut,
jajaran kepolisian berkomitmen menghadirkan pelayanan publik yang tidak hanya efisien, tetapi
juga penuh kehangatan dan kedekatan dengan masyarakat.
Pelayanan di Samsat Kediri Kota dilaksanakan secara humanis , profesional, dan sesuai Standar
Operasional Prosedur (SOP) yang berlaku. Setiap tahapan — mulai dari pendaftaran, verifikasi
dokumen, hingga pembayaran pajak — diawasi agar berjalan transparan dan efisien.Menurut warga, peningkatan kualitas pelayanan ini terasa signifikan. Nurliana (39), warga
Lingkungan Jegles, Blabak, mengaku bahwa dirinya merasa lebih mudah saat mengurus
perpanjangan STNK 5 tahunan.
” Sekarang lebih cepat dan petugasnya sopan. Kalau ada kendala, langsung dibantu sampai
selesai, ” tuturnya sambil tersenyum.
Hal senada disampaikan Wahyu Setiawan (45), wajib pajak asal Mojoroto. Ia menilai kehadiran
program Polantas Menyapa menumbuhkan rasa percaya masyarakat terhadap pelayanan publik
di sektor lalu lintas.
“Saya senang, karena petugasnya tidak hanya profesional, tapi juga mau menjelaskan dengan
sabar,” ujarnya.
Program “Polantas Menyapa” sendiri merupakan program dari Kepala Korps Lalu Lintas
(Kakorlantas) Polri Irjen Agus Suryonugroho. Dikutip dari salah satu media daring nasional, Irjen
Agus menegaskan bahwa program ini menjadi komitmen seluruh jajaran Korlantas Polri dalam
memberikan rasa aman dan nyaman kepada warga.
Kakorlantas juga mengajak seluruh jajarannya untuk terus mengedepankan pendekatan
humanis dan preventif, bukan hanya represif. Dia mengingatkan senyum, sapa, dan pelayanan
cepat tanggap menjadi kunci membangun citra positif polisi lalu lintas sekaligus menjaga sinergi
harmonis antara petugas dan masyarakat.
Melalui implementasi di berbagai daerah, termasuk di Kediri Kota, Polantas Menyapa
diharapkan mampu memperkuat citra Polri sebagai pelindung, pengayom, dan pelayan
masyarakat. (YATI )






